Tips Menghadapi Roommate Yang Menyebalkan

Posted by Unknown On Tuesday 30 October 2012 0 comments
Untuk Anda yang saat ini mau tidak mau harus menerima nasib sebagai anak kos, terutama yang harus berbagi kamar dengan partner lain, ada baiknya mencoba tips dari Vemale ini. Tinggal satu kamar berdua atau bahkan lebih kadang harus cocok-cocokan. Yah, karena tidak semua partner kamar atau roommate memiliki kebiasaan yang sama dengan kita. Suka bete kan kalau punya roommate yang jorok atau berantakan? Atau bahkan yang rese' dan suka kepo terhadap urusan personal kita.

Bila Anda sudah bete akut karena teman-teman kos yang seperti ini, atau merasa ada tanda-tanda bahwa Anda kurang kerasan dengan roommate Anda, sebelum Anda memutuskan angkat kaki dari kos sebaiknya coba baca tips Vemale berikut ini.

1. Bicara Dengan Roommate Anda
Mungkin ini terlihat sebagai yang paling mudah dan 'paling tidak ampuh'. Well, mari kita buat percakapan secara personal yang santai, fun dan baik-baik. Ajak makan bersama dan duduk bersama, lalu tawarkan kesepakatan antara Anda dan dia. Misalnya tentang penggunaan barang pribadi, kebersihan kamar atau hanya seputar bau keti juga bisa Anda bicarakan. Siapa tahu itu akan membuat roommate Anda lebih bisa merawat dirinya, bukan?

2. Jangan Ikut-ikutan Masalah Pribadi
Selain benda pribadi, tentu ada hal pribadi yang tidak boleh sembarangan dijamah. Dan ada ketentuan mengenai apakah Anda dan dia boleh ikut campur dalam masalah pribadi masing-masing. Keep your personal life dan bila Anda butuh pendapat atau curhat, it's OK selama tidak mengganggu kenyamanan pribadi Anda dengan dia. Dengan kata lain, Anda hanya pemberi masukan, begitu pula dengannya. Tapi soal mengambil tindakan, semua kembali p[ada pemilik masalah tersebut.

3. Bicara pada Pemilik Kos
Pemilik kos adalah orang yang sebaiknya bisa membantu menengahi masalah anak-anak kosnya. Setidaknya mereka harus menjaga kestabilan atmosfir rumah kos tersebut. Jadi, apabila Anda mengalami masalah dengan roommate dan merasa tidak bisa bernegosiasi dengan teman sekamar Anda itu, larilah pada bapak ibu kos dan katakan dengan spesifik permasalahan Anda. Meski mereka tidak akan memihak Anda, setidaknya mereka mendengarkan dan bisa memberi solusi yang terbaik untuk Anda berdua.

4. Usahakan Tidak Menjadi Gosip
Punya masalah dengan teman sekamar kadang memang 'gatal' ingin cerita ke teman yang lain. Oh no no no, jangan mencari entah kebenaran atau pembenaran dengan cara ini, Ladies. Hal ini sama saja dengan membuat isu (sekalipun masalah tersebut memang ada). Anda harus tetap menjaga nama baik teman Anda dan menjaga atmosfir tempat kos agar tetap sehat. Anda hanya sedang mengalami masalah dan mencari solusi, bukan membesar-besarkannya.

5. Menata Ulang Ruangan
Coba tata kembali ruangan kamar Anda berdua. Agar lebih menyenangkan, coba lakukan berdua. Mencoba menyusun kembali ruangan kamar akan membuat Anda berkomunikasi dan bekerja sama lebih banyak dengannya. Atau setidaknya, mengubah suasana kamar yang sudah jenuh dengan kenangan-kenangan tidak menyenangkan bersama teman sekamar Anda.

6. Hargai Perasaan Satu Sama Lain
Ini wajib dan harus bagi semua pasangan yang tinggal sekamar. Bukannya, 'kalo nggak betah ya cari kosan lain aja," tapi bagaimana Anda dan dia harus hidup berdampingan dan menghargai satu sama lain. Siapapun yang datang duluan atau belakangan di kamar tersebut, punya hak dan kewajiban yang sama untuk saling menghargai perasaan. Bila Anda merasa butuh mediator, cari ibu atau bapak kos atau orang yang paling berpengaruh di tempat kos Anda. Walau punya kehidupan masing-masing bukan berarti saat di tempat kos Anda dan dia bisa tetap cuek.

7. Peraturan Kamar
Ini adalah senjata yang paling mujarab dan bijaksana bagi seluruh pasangan kamar. Anda dan roommate memang harus memiliki aturan kamar bersama. Setidaknya sebelum memutuskan untuk cuek satu sama lain, Anda dan dia sudah memutuskan batas-batas personal dan aturan bersama agar sama-sama nyaman.

Hidup bersama dengan teman sekamar di tempat kos, apalagi di kota besar memang tidak mudah. Namun dengan komunikasi setidaknya kita bisa lebih mengompromikan kebutuhan sebagai sesama pengguna kamar. Siapa sih yang tidak ingin tinggal dengan nyaman? Bila roommate Anda sulit diajak kompromi, mungkin itu tanda-tanda dia bukan roommate yang baik atau... segera cari tempat kos lainnya.

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ganti warna tulisan