Beberapa Pelajaran Dari Hubungan Masa Lalu

Posted by Unknown On Tuesday 20 November 2012 0 comments
Masa lalu, sering kali disesali dan membuat kita sangat malu. Perselingkuhan, putus cinta, ditolak dan segala macam problema cinta yang Anda lalui, tentunya punya makna tersendiri. Nah, daripada Anda mengatakan Anda menyia-nyiakan waktu Anda karena merasa dipermainkan, mengapa tidak belajar dari masa lalu tersebut?

1. Belajar mengenai komunikasi
Mungkin dahulu masalah Anda adalah komunikasi. Kepercayaan, kecemburuan dan pemahaman dalam masalah cinta, berbasis pada komunikasi. Mungkin Anda bisa introspeksi diri, tidak harus menjatuhkan kesalahan padanya saja. Hubungan ini milik Anda berdua kan dulunya? Pasti ada satu atau dua hal yang berkaitan dengan Anda terkait dengan masalah komunikasi ini. Mungkin Anda terlalu keras dalam memberi respon, mungkin Anda cepat menilai, atau mungkin Anda sering memotong pembicaraan.

2. Perlu saling menghargai
Dari masa lalu, Anda bisa tahu tentang pentingnya saling menghargai. Suatu masalah tak akan bisa selesai bila kedua dari Anda tidak bisa menghargai satu sama lain. Kadang karena begitu marahnya, kita lupa untuk mau mendengarkan. Atau karena begitu bahagianya, kita bahkan lupa untuk memahami perasaan pasangan yang mungkin tidak sedang sebahagia kita.

3. Tidak bisa mengontrol dan mengubah seseorang
Kita mungkin punya kriteria situasi yang ideal. Tanpa sadar, kita membuatnya menjadi patokan seseorang yang ideal menurut kita. Ladies, kita tidak bisa melakukan hal tersebut, bahkan dia. Mencintai itu seutuhnya menerima kekurangan dan kelebihan mereka dan membuat kita berdua sama-sama belajar. Namun sayang, beberapa dari kita pada akhirnya menyadari kalau kita bukanlah partner belajar yang baik dalam percintaan.

4. Belajar melepaskan
Ada beberapa hal yang sengaja dijauhkan dari kita. Seringkali membuat kita merasa sedih dan tidak terima. Itu karena kita masih sering berpikir bahwa di masa depan tidak akan lagi seindah ini. Ya, tidak akan seindah ini, tapi akan jauh lebih indah dari ini dan hal terbaik bagi hidup kita. Melepaskan ada yang mudah dan sulit bagi tiap orang. Bersabarlah, Tuhan sedang menyiapkan yang paling baik untuk Anda, jadi kenapa Anda harus termangu dan diam saja meratapinya?

5. Tidak ada yang sia-sia
Bahwa hidup Anda ini adalah sebuah pelajaran dan waktu tak akan pernah kembali. Jadi, tidak ada yang perlu disesali karena mereka semua hadir dalam hidup Anda dengan membawa makna tersendiri. Akhirnya dari keempat poin sebelum ini, poin terakhir inilah yang menjadi pamungkasnya. Tidak ada yang sia-sia, jangan mengutuk masa lalu Anda sekalipun Anda pernah dicampakkan dan dikhianati. Setidaknya Anda belajar untuk tidak akan melakukannya pada orang lain.

Hidup ini pembelajaran dan perjuangan hingga akhir hayat. Oleh karena itu kita tidak perlu menyesalinya dan tidak usah berharap kesempurnaan dalam hidup yang tanpa kesalahan. Kesalahan itulah yang membuat kita belajar dan kesalahan itu pula yang menyempurnakan kualitas hidup kita.


0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ganti warna tulisan